Kilas Dunia

Pernyataan Saudi tentang ‘Palestina Merdeka’, Berbahaya

Pernyataan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud yang tidak akan melakukan normalisasi dengan Zionis Yahudi sampai rakyat Palestina mendapatkan kemerdekaan sebagai sebuah negara, meski terkesan membela Palestina, dinilai keliru dan berbahaya.

“Apa yang dikatakan oleh pihak Arab Saudi yang rasanya memberikan angin segar di tengah gempuran, pembantaian dan genosida yang dilakukan entitas Zionis Israel, ini sebenarnya juga perlu dilihat sebagai suatu hal yang keliru dan berbahaya,” tutur Magister Kajian Timur Tengah dan Islam Iranti Mantasari kepada Media-umat.info, Sabtu (27/1/2024)

Menurut Iranti, ini keliru dan berbahaya. Pertama, karena pada hakikatnya ketika Palestina menjadi sebuah negara yang berdaulat dan diakui Zionis Yahudi, sementara Zionis Yahudi sendiri dengan rekam jejak kelamnya yang sudah melakukan penjajahan, pencaplokan wilayah, bahkan genosida terhadap Palestina itu juga masih tetap ada, maka programnya masih akan terus ada.

Kedua, menyetujui Palestina untuk menjadi satu negara sendiri, satu negara berdaulat yang merdeka dalam konteks negara-bangsa, menurut Iranti, ini juga keliru. Pasalnya, justru nanti, jika Palestina menjadi satu negara yang merdeka itu masih berada di bawah kerangka nasionalisme (nation state), itu akan menjadi masalah lain yang membuat penjajahan di Palestina masih bisa berlangsung.

Ia menilai, ketika solusi yang disuarakan itu masih berada dalam kerangka nasionalistik, yang menyuarakan nasionalisme, sebenarnya itu masih berputar-putar pada satu masalah yang sama, lalu berusaha keluar, tetapi malah masuk ke lubang masalah yang lain.

Jadi, kata Iranti, jika memang ingin membela, memerdekakan, menyelamatkan kaum Muslim yang ada di Palestina, serang saja Zionis Yahudi, hilangkan penjajahnya, usir penjajah itu dari tanah kaum Muslim di Palestina yang secara nyata sudah melakukan pembunuhan dengan militer, maka serang dengan militer.  [Joy dan Tim]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 2 =

Back to top button