Kilas Dunia

Jumlah Penduduk India Lampaui Cina

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, India melampaui Cina dalam hal jumlah penduduk. “Untuk pertama kalinya dalam sejarah, India melampaui Cina dalam hal jumlah penduduk,” tulis situs hizb-ut-tahrir.info mengutip data yang dirilis Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ahad (18/6/2023).

Perkiraan PBB menunjukkan India telah menyusul Cina untuk menjadi negara terbesar di dunia dalam hal jumlah penduduk pada bulan Juni ini, dan transformasi ini merupakan tonggak penting bagi negara di Asia Selatan, dan itu akan berdampak luas pada ekonomi, masyarakat, dan pengaruh globalnya.

Dana Penduduk PBB, United Nations Population Fund (UNFPA) mengonfirmasi April lalu bahwa populasi India akan mencapai 1.428,6 juta orang, dibandingkan dengan 1.425,7 juta di Cina pada Juni, sementara perkiraan lain menunjukkan bahwa India sebenarnya telah melampaui tetangganya Cina secara demografis.

Populasi India telah meningkat empat kali lipat dari 350 juta pada tahun 1950 menjadi lebih dari 1,43 miliar saat ini, bahwa kebijakan paksaan yang diberlakukan oleh Partai Komunis Cina dengan judul “satu anak” telah menyebabkan penurunan populasi dan masyarakat yang menua, karena semakin sedikit anak muda yang mampu menggerakkan roda perekonomian.

“Populasi Cina – yang memuncak pada 1,42 miliar pada tahun 2021 – akan terus menurun karena keengganan keluarga Cina untuk memiliki anak, meskipun bertahun-tahun yang lalu telah meninggalkan kebijakan satu anak,” pungas situs tersebut. [Joy dan Tim]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 13 =

Back to top button