Kilas Dunia

Cina Akan Tulis Ulang al-Quran untuk ‘Mencerminkan Nilai-nilai Sosialis’

Cina akan menulis ulang al-Quran dan Injil untuk ‘mencerminkan nilai-nilai sosialis’ di tengah tindakan keras yang mereka lakukan terhadap kelompok-kelompok agama di negara itu. Demikian sebuah laporan mengungkapkan.

Edisi baru dari buku-buku agama itu tidak boleh mengandung konten apa pun yang bertentangan dengan keyakinan Partai Komunis, menurut seorang pejabat tinggi partai. Paragraf yang dianggap salah oleh sensor akan diubah atau diterjemahkan kembali.

Meskipun Injil dan al-Quran tidak disebutkan secara khusus, Partai Komunis itu menyerukan ‘evaluasi menyeluruh terhadap buku klasik agama yang ada dengan tujuan menghapus konten yang tidak sesuai dengan kemajuan zaman’.

Perintah itu diberikan pada November 2019 saat pertemuan yang diadakan oleh Komite Urusan Etnis dan Agama Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Cina, yang mengawasi masalah etnis dan agama di Tiongkok.

Presiden Cina Xi Jinping memberikan isyarat ketika menghadiri suatu acara di Makau awal November. Seorang pejabat Cina menekankan pada November bahwa otoritas agama harus mengikuti instruksi Presiden Xi dan menafsirkan ideologi agama yang berbeda sesuai dengan ‘nilai-nilai inti Sosialisme’ dan ‘persyaratan era modern’.

Sebanyak 16 pakar, pemeluk agama dan perwakilan agama yang berbeda dari Komite Sentral Partai Komunis Cina menghadiri konferensi pada November. Demikian menurut Kantor Berita Xinhua dan dikutip Dailymail.co.uk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − four =

Back to top button