Pengantar

Pengantar [Khilafah Ajaran Islam]

Assalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

Pembaca yang budiman, Khilafah adalah bagian dari ajalan Islam. Bahkan termasuk ajaran Islam yang sangat agung. Menegakkan Khilafah adalah wajib. Bahkan termasuk kewajiban yang paling penting. Hal ini dilihat dari sikap para Sahabat saat Rasulullah saw. wafat. Mereka berijmak—tanpa ada sedikitpun perbedaan pendapat—untuk segera mendahulukan upaya menegakkan Khilafah (memilih dan mengangkat khalifah) sebelum melaksanakan penguburan jenazah Rasulullah saw.

Sikap demikian terus diteladani oleh generasi sesudah mereka. Sikap ini pun terus dipraktikkan selama berabad-abad oleh seluruh generasi kaum Muslim.

Namun, sejak Khilafah terakhir, yakni Khilafah Turki Utsmani, diruntuhkan oleh kekuatan sekular anti Islam yang didukung sepenuhnya oleh kafir Barat penjajah, Khilafah parktis tidak ada lagi. Sebagai ajaran pun banyak ditinggalkan oleh umat. Bahkan, yang lebih tragis, sekadar untuk diajarkan pun dipersoalkan. Apalagi diperjuangkan untuk ditegakkan kembali. Pasti dikriminalisasi.

Hari ini upaya kriminalisasi terhadap Khilafah dan para pengembannya makin meningkat. Khilafah dianggap ajaran menyimpang. Para pengemban ide khilafah dituding sebagai orang-orang yang berbahaya. Bisa mengancam kedaulatan negara.

Betulkah demikian? Bukankah Khilafah adalah ajaran Islam? Bukankah ajaran Islam seluruhnya pasti akan membawa maslahat? Mustahil membawa madarat? Termasuk di negeri ini, jejak Khilafah seluruhnya positif. Tak pernah merugikan sedikit pun. Bahkan konstribusi Khilafah bagi Nusantara, di antaranya turut membantu mengusir penjajah, demikian nyata tertulis dalam catatan sejarah. Jadi apa masalahnya dengan Khilafah?

Masalah sebenarnya hanyalah ketakutan yang tak beralasan dari kalangan sekular yang anti Islam. Terutama kaum kafir penjajah yang sejak awal sangat memusuhi Khilafah. Mereka takut Khilafah akan menghentikan kezaliman mereka. Akan menghentikan penjajahan mereka. Akan menghalangi mereka untuk terus mengekploitasi sumber-sumber kekayaan negeri-negeri Islam. Termasuk negeri ini.

Sayangnya, upaya permusuhan terhadap Khilafah ini menggunakan tangan-tangan penguasa Muslim yang menjadi antek Barat. Para penguasa antek Barat ini tentu saja punya kepentingan mendukung Barat. Tidak lain kepentingan meraih dukungan Barat demi mempertahankan kursi kekuasaan mereka.

Itulah tema utama Al-Waie edisi kali ini. Simak juga sejumlah tema menarik lainnya. Selamat membaca!

Wassalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =

Back to top button